mind-trick12.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 11 November 2011

FAKTOR YANG MENYEBABKAN SISTEM KOMPUTER MENJADI LAMBAT

  • Terlalu banyak aplikasi yang di install tetapi tidak di perlukan
Jika kalian ingin menginstall suatu aplikasi di komputer, sebaiknya install yang memang di perlukan, jangan menginstall aplikasi yang tidak kalian gunakan. Karena ini akan secara otomatis mengambil source/space harddisk komputer, sehingga pasti akan sangat mengganggu kinerja komputer tersebut.
  • Data di Ricycle bin menumpuk
Sebaiknya, jika kalian ingin membuang suatu data yang sudah tidak terpakai lagi, lebih baik di buang secara permanen, dengan menekan tombol Shift + Del pada file yang ingin di buang, sehingga file tidak akan masuk ke ricycle bin, tetapi akan di hilangkan dari komputer tersebut. Dan juga file-file seperti COOKIES, HISTORY, FIKE BAK dll, yang merupakan file-file yang muncul setelah kita browsing atau menggunakan internet dan sebaiknya juga di hilangkan, karena memakan kapasitas yang lumayan besar, untuk menghilangkan nya dapat menggunaknan software seperti Ccleaner, Tune Up dll.
File-file History akan muncul ketika melakukan koneksi ke jaringan internet. Jika tidak dibersihkan akan mempengaruhi kerja komputer. Bersihkan file history pada menu Tools > Internet Option pada masing-masing browser yang digunakan.
Ada bebeberapa aplikasi yang secara otomatis menyimpan file cadangan (backup) seperti bak, backup, dan lain-lain. Jadi ketika menyimpan sebuah file, maka file lama akan tetap ada dengan format yang berbeda yaitu file.BAK. Bersihkan file-file ganda yang tidak digunakan, namun harus dipastikan bahwa file terakhir tersimpan adalah file yang akan dipakai.
  • Aplikasi yang terlalu banyak di Start Up
Terkadang, saat pertama kali menginstall software terdapat pilihan berupa ikon untuk menambahkan di Quicklaunch, desktop dsb, sebaiknya kita tidak perlu seperti itu, karena akan memakan waktu yang lumayan lama untuk membuat program tersebut aktif.
Hal ini akan memperlambat kerja komputer. Aturlah beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan dengan cara mengatur konfigurasi. Jalankan menu Start kemudian pilih Run, ketikkan msconfig. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan ketika Start Up.
  • File system yang kurang terawat
Seperti halnya manusi, komputer juga membuthkan penyegaran setelah di pakai bekali-kali, dengan melakukan Scandick dan Defrag Hardisk yang berkala, yaitu minimal satu bulan sekali. Ini berguna untuk mengoptimalkan kembali kinerja Harddisk komputer yang mati mendadak akibat komputer hang.
Selain melakukan Scandisk, yang tak kalah pentingnya adalah Defragmentasi secara berkala. Hal ini sangat berguna ketika tingkat penggunaan komputer tinggi. File-file perlu ditempatkan sebagaimana mestinya agar ruang kosong tidak berantakan. Jika ruang penempatan file berantakan bisa mengakibatkan kerja komputer lambat.
  • Proses Shutdown tidak sesuai perosedur
Komputer yang sangat lambat bekerja membuat kita kesal dibuatnya, makin hari kian lambat saja. Kadang-kadang komputer langsung hang secara mendadak ketika sedang asyik bekerja. Kita akan mematikan komputer tersebut dengan cara menekan tombol Restart atau Booting. Hal ini dikerenakan kita tidak bisa mematikan komputer melalui proses Shutdown karena semua tombol keyboard tidak berfungsi.
Apabila sering mematikan komputer melalui tombol Booting, lama-lama bisa mengakibatkan sistem operasi tidak berjalan normal dan hardsik akan mengalami kerusakan (bad sector). Hal ini akan memperparah keadaan karena file-file sistem yang ada pada bad sector tidak dapat terbaca, sehingga komputer sering mengalami mati mendadak (hang).

2 komentar: