mind-trick12.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 24 Januari 2012

cara membobol file PDF yang di proteksi


Acapkali kita membutuhkan referensi artikel atau tulisan laiinya dan kadang pula kita mendapatkannya dalam dokumen berekstensi pdf (portable data file). Setelah mendapatkan file tersebut dan kemudian akan mengedit atau mencetaknya (print), kita mendapati bahwa tombol print tidak aktif (tombol print tidak highlight). Kalu kita mencermati sebenarnya akan ada tulisan "SECURE" setelah nama file ketika dibuka di adobe reader atau pdf viewer lainnya; itu tanda bahwa file pdf itu diproteksi untuk beberapa hal. Proteksi itu biasanya untuk mencegah edit tulisan dan cetak. Sial bukan? Kita hanya dapat membacanya di layar komputer atau laptop kita yang membuat mata kita cepat lelah untuk membacanya.
Bulan lalu, ketika saya ingin mencetak beberapa file pdf, saya juga merasakan hal itu. Dengan sedikit bantuan mbah Google, akhirnya masalah itu terselesaikan. Saya menemukan satu trik komputer di salah satu blog yang saya lupa link-nya membahas permasalahan tersebut. Nama software itu adalah GSVIEW; adakah yang pernah tahu itu? Mau? Tenang saja, link download akan saya berikan di bawah. Mau langsung download silahkan, tapi kalau mau tahu caranya simak lagi ya.
 Berikut ini akan saya berikan langkah-langkah untuk menggunakan software yang dapat "membobol pdf yang diproteksi".
  1. Install software yang telah didownload nantinya. Bisakan cara install software di komputer? OK. Lanjut
  2. Pastikan kalian juga sudah menginstall GS-Script di komputer, kalau belum di folder hasil download sudah ada di situ. Silahkan install juga.
  3. Kalau sudah semuanya, silahkan jalankan program GSview (bukan GS-Script nya ya....)
  4. Ada deretan menu di toolbar, pilih "File" dan kemudian "Open" untk membuka file pdf yang akan dibobol karena diproteksi
  5. Setelah terbuka, kalian bisa langsung mencetak dengan pilih menu "File" dan pilih lagi "Print".
  6. Namun, bila kalian ingin membobol proteksi-nya, kalian harus lakukan "save as" dari menu "File". Sehingga nanti akan menjadi satu file pdf baru yang sudah hilang proteksinya, dan tulisan "SECURE" di filename akan hilang.
Mudah bukan cara membobol proteksi pdf? Hanya mengikuti langkat tersebut kalian dapat mencetak dan/atau mengedit isi dari pdf. FYI, untuk mengedit isi file pdf tentunya kalian membutuhkan software seperti adobe acrobat (beda dengan adobe reader lho...) atau software pengedit lainnya, contoh saja foxit reader. Dan maaf belum bisa ngasih SS (ScreenShoot).
OK. Itu saja tutorial kali ini. Dan untuk mendapatkan software-nya, silahkan copy-paste link di bawah ini ke browser kalian. File disimpan di Mediafire. File size sekitar 11Mb.

0 komentar:

Posting Komentar